Wisata Sejarah Candi Dieng

wisata candi dieng

Pegunungan Dieng sebagai daerah yang sering di sebut Plato atau Plateau yaitu sebuah daerah Cekungan yang terjadi akibat meletusnya Gunung purba Dieng. Dari proses geologi yang mengakibatkan sedimentasi atau dislokasi sehingga, membentuk daerah Cekungan ( Kaldera ). Di lihat dari peristiwa letusan masa lalu meninggalkan sebuah Danau atau Telaga ( Balai Kambang ).

Berwisata di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah selain menikmati Pemandangan Alam berupa Telaga, Kawah , dan perbukitan ( Sunrise ). Wisata Sejarah Candi Arjuna Dieng juga merupakan tujuan utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke pegunungan Dieng ini . Kita akan di ajak untuk melihat peninggalan Nenek Moyang berupa Gugusan candi yang tersebar di sekitar dataran tinggi Dieng, komplek Candi Arjuna Dieng yang terdiri dari lima bangunan candi berderet ke selatan dan ada satu Candi yang berhadapab dengan Candi arjuna seperti candi Semar.

Bangunan Candi dieng di dirikan sekitar Abad ke delapan Masehi kemudian seribu tahun baru di temukan oleh para ahli sejarah dan arkeologi pada abad 18 M. sejarah asal Usul Nama bangunan Candi dieng di ambil dari Cerita Pewayangan atau Mahabarata. Dan percandian Dieng bersifat pemujaan untuk Dewa Siwa ( Hindu ) dan merupakan bagian Kerajaan Mataram hindu Kuno. Hingga kini kondisi bangunan candi Dieng menjadi situs Wisata Sejarah yang ada Di dataran Tinggi Dieng Banjarnegara Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s